Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Baca Ini Dulu Ya



Kadangkala kesatu kali naik pesawat buat traveler gugup ketika lepas landas atau turbulensi. Bagi tetap tenang, ini 4 tips mudah mendinginkan diri di pesawat. Liburan sudah dibuka sejak anda melangkahkan kaki terbit dari rumah. Pesawat pun dipakai sebagai kendaraan untuk mengurangi waktu perjalanan.

Namun terkadang penerbangan tidak tidak jarang kali mulus. Ada pula traveler yang tidak jarang gugup atau takut saat lepas landas atau turbulensi.  Diintip dari Fox dan phsychology today, ada sejumlah cara untukmendinginkan diri ketika berada di pesawat.

Cara sangat ampuh untuk mendinginkan diri ialah bernapas. Hanyadiperlukan waktu 60 detik untuk mendinginkan diri.  Dalam studi 2017, Sekolah Kedokteran Universitas Stanford mengejar metode umpan balik yang menghubungkan neuron di benak untuk bernafas. Memperlambat napas rupanya bisa 'mengelabui otak'.

"Kami kini tahu bahwa pusat pernapasan secara langsung mengontrolkegiatan fungsi benak tingkat tinggi," kata pengarang senior Mark Krasnow.

Ada 4 cara pernapasan dapat diterapkan ketika traveler gugup atau gelisah di dalam penerbangan:

1. Napas yang panjang

Cara kesatu sangatlah mudah. Traveler dapat latihan pernapasan dengan duduk tegak di kursi.
Tarik napas dalam-dalam melewati desisan mulut. Setelah tersebut buang napas melewati desisan secara perlahan. Lakukan sekitar 60 menit, dan gugupmu bakal hilang.

2. Olah napas

Dalam cara ini kamu melulu perlu tarik napas melewati hidung sekitar 3-4 detik. Kemudian lepaskan lewat mulut dengan hitungan 5-6 detik.
Ini akan menciptakan otot-otot tubuh menjadi rileks. Tegang dan gelisah langsung hilang.

3. Tutup di antara lubang hidung

Selain mengerjakan olah napas, metode memblokir salah satu lubang hidungpun mampu melemparkan rasa gelisah dan gugup saat turbulensi.  Tutup di antara lubang hidup dan hirup napas dalam-dalam. Kemudian tahansekitar sebentar.
Selanjutnya bernapaslah lewat lubang hidung yang satunya. Lakukan tahapan ini sejumlah kali, sehingga anda bernapas di tiap lubang hidung.

4. Metode 4-7-8

Cara lainnya ialah metode 4-7-8. Kamu dapat mulai ambil napas sekitar 4 detik. Kemudian tahan sekitar 7 detik dan keluarkan sekitar 8 detikmelewati mulut.  Kamu dapat mengulangi cara ini sampai sejumlah kali hingga tenang.
Latihan pernapasan ternyata memang sangat menolong di saat anda gelisah atau gugup di atas pesawat. Jadi kamu dapat tetap tenang sekitar pesawat lepas landas atau turbulensi!

Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Baca Ini Dulu Ya