Cara Mengecek Data Ponsel yang Dicomot Facebook



Facebook diketahui telah mengoleksi sejumlah data dari ponsel pemakainya. Informasi tersebut mencakup riwayat panggilan dan pesan pendek (SMS), baik yang diterima maupun dikirim oleh user tersebut.

Temuan ini diungkapkan sebanyak netizen di Twitter. Mereka mengetahuinya setelah mengunduh file ZIP mengandung data-data itu dari Facebook versi web.

Kebanyakan netizen yang mengeluhkan informasi riwayat panggilan telepon dan SMS mereka dicomot ialah pemakai smartphone berbasis Android. Mereka mengungkapkan bahwa data tersebut telah direkam sekitar bertahun-tahun. Dengan begitu, Facebook pun dapat melacak pola komunikasi pemakainya, dan siapa saja yang tidak jarang mereka hubungi.

Sementara untuk software Facebook di perlengkapan berbasis iOS, belumterdapat laporan serupa. Facebook diketahui memang tidak mempunyai izin untuk memungut data itu pada iPhone. Terlebih, Apple memang memberi batas akses pengembang software pihak ketiga dalam mengoleksi informasi pemakai gadgetnya.

Facebook sejatinya telah meminta izin akses langsung ke ponsel pemakai,saat kesatu kali menginstal software Facebook di Android. Namun, tidak sedikit pemakai yang menyepelekan atau bahkan tidak tahu tentang hal ini.

Untuk memahami apakah Facebook merekam riwayat panggilan telepon dan SMS kalian atau tidak, kita dapat mengeceknya dengan teknik berikut,laksana yang diberikan sejumlah netizen.

1. Masuk ke General Settings (Pengaturan Umum Akun)

Pada halaman profil Facebook, cari tanda panah ke bawah di sudut kanan atas. Akan hadir menu drop down, lantas pilih General Settings (Pengaturan Umum Akun).

2. Download data

Di bagian sangat bawah bakal ditemukan 'Download a copy of your Facebook data' (Unduh Salinan data Facebook Anda). Klik pada bagian itu untuk mulai mengunduh data.

3. Start My Archive

Setelah link tadi diklik, akan hadir halaman Start My Archive (Mulai Arsip Saya). Pilih pilihan pada tombol hijau tersebut. Kalian bakal dimintai password Facebook guna mulai mengoleksi arsip. Tunggu sejumlah menit, Facebook akan mengantarkan salinan riwayat kegiatan akun Facebook kalian.

Pastikan alamat email yang dipakai saat meregistrasi Facebook masih aktif, sebab Facebook pun akan mengantarkan file ini ke email tersebut.

4. Ekstrak file

Karena ukurannya yang besar, Facebook mengantarkan data ini dalam format file .ZIP sampai-sampai kita mesti mengekstraknya terlebih dulu. Setelah file berlalu didownload, klik kanan pada file kemudian pilih pilihan Extract.

5. Buka folder HTML

Ketika telah diekstrak, bakal muncul barisan folder file. Buka folder HTML. Folder ini menyimpan seluruh informasi kegiatan Facebook kalian secara detail, mulai dari profil, informasi kontak, timeline, foto, video,susunan teman, event, pesan, iklan, hingga software yang terkoneksi dengan Facebook.

Untuk menyaksikan apakah panggilan telepon dan SMS kalian terekam Facebook atau tidak, buka file HTML mempunyai nama Contact_info. Scrol ke bawah guna melihatnya.

Jika tidak terdapat riwayat telepon dan SMS, dengan kata lain data panggilan telepon dan SMS kalian tidak terekam oleh Facebook. Hal iniseringkali dikarenakan kontak ponsel tidak disinkronkan dengan Facebook mobile di Android.

Cara Mengecek Data Ponsel yang Dicomot Facebook