Mudahnya Bayar BPJS Online via ATM

Karena berbagai manfaat yang ditawarkan, banyak orang yang tidak ingin sampai telat membayar tagihan BPJS mereka. Maka dari itu, bayar BPJS Online pun menjadi salah satu alternatif pembayaran yang sangat diminati karena kepraktisannya. Mungkin diantara Anda sudah tak asing lagi dengan istilah BPJS yang merupakan program sosial pemerintah bidang kesehatan. Program bernama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk menikmati berbagai fasilitas kesehatan.

Memanfaatkan ATM Bayar BPJS Online Semakin Mudah

Sebenarnya BPJS sendiri masih sama dengan Asuransi Kesehatan, sebab BPJS sendiri adalah perubahan dari program Asuransi Kesehatan (AsKes) yang awalnya dijalankan PT Askes Indonesia (Persero). Untuk membayar iuran, peserta bisa mengunjungi loket resmi di kantor BPJS. Namun karena berbagai alasan, banyak masyarakat yang membutuhkan solusi bayar BPJS online untuk memudahkan pembayaran iuran tersebut.
Jika dibandingkan dengan mendatangi dan mengantri di loket BPJS, bayar BPJS online di ATM memiliki beberapa keuntungan. Namun demikian ada kelemahan yang juga wajib dicermati oleh peserta. Pembayaran iuran BPJS sebenarnya dapat dilakukan di banyak tempat untuk memudahkan para pesertanya, antara lain di Kantor resmi BPJS, Kantor Pos, Bank (BRI, Mandiri, BTN, dan BNI), mesin-mesin ATM Bank bersangkutan, minimarket dan supermarket yang telah bekerjasama serta lokasi loket PPOB (Payment Point Online Bank).
Apabila dibandingkan dengan cara bayar iuran BPJS dari loket, maka bayar BPJS online memiliki beberapa nilai plus, antara lain:
  1. Praktis
Bayar BPJS online dinilai jauh lebih praktis karena pembayaran dapat dilakukan dari mana saja. Mengingat keberadaan mesin ATM yang tersebar di mana saja dan jaringan bank pemilik mesin tersebut juga memilii cakupan yang lebih luas. Selama mesin ATM yang Anda gunakan untuk membayar tersebut aktif terhubung ke sistem dan bank pemiliknya memiliki kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan, maka pembayaran pun dapat dilakukan kapan saja.
  1. Mudah
Selain praktis, bayar BPJS online lewat mesin ATM juga dirasa jauh lebih mudah, dimana peserta dapat memproses sendiri pembayarannya cukup dengan memasukkan kode tertentu sesuai dengan bank yang bersangkutan, misalnya 88888 untuk bank BRI atau BTN, dan 89888 untuk bank Mandiri. Selain itu mereka juga dapat mengajukan permohonan autodebet dari rekening bank yang dimiliki peserta. Dengan memanfaatkan layanan autodebet ini, tentu saja peserta tidak perlu khawatir sampai telat membayar. Autodebet akan secara otomatis melakukan pembayaran tagihan BPJS setiap bulannya selama saldo mencukupi.
Sementara cara bayar BPJS online melalui mesin ATM adalah:
  • Masukkan kartu, pilih transaksi lainnya, pilih pembayaran dan muncul menu BPJS Kesehatan
  • Masukkan kode bayar BPJS di atas, yaitu 88888 atau 89888
  • Selanjutnya tambahkan 11 digit angka yang ada di belakang Kartu BPJS Kesehatan
  • Periksa kesesuaian data yang ditampilkan pada layar dengan data Anda
  • Ikuti proses pembayaran yang ditampilkan pada layar
  • Simpan struk sebagai bukti pembayaran
Apabila Anda telah terdaftar sebagai anggota dari BPJS Kesehatan maka sebaiknya segera bayar tagihan tersebut tepat waktu selambat-lambatnya tanggal 10 tiap bulan. Apabila Anda membayar lewat dari tanggal itu, maka akan dikenakan denda 2 persen dari total iuran yang harus dibayarkan. Sementara untuk nominal yang wajib dibayarkan disesuaikan dengan pilihan kelas, misalnya Kelas I Rp 80 ribu, Kelas II Rp 51 ribu atau Kelas III Rp 30 ribu. Dengan kemudahan bayar BPJS online via ATM ini tentunya Anda tidak akan direpotkan oleh masalah antrian atau ribetnya proses pembayaran.

Mudahnya Bayar BPJS Online via ATM