Tips Membuat Kaldu yang Enak dan Sehat

Kaldu yang enak menjadi kunci kelezatan sebuah makanan. Bagi anda yang gemar memasak beragam jenis sup, tentu saja anda membutuhkan kaldu dengan rasa yang mantap. Sebenarnya ada beragam cara untuk membuat kaldu, anda bisa membuatnya secara alami atau instan dengan menggunakan kaldu bubuk. 

Bagi ibu rumah tangga tentu penting sekali untuk memasak makanan yang enak agar anak-anak lahap makan. Sup ayam biasanya menjadi menu makanan andalan ibu agar anak-anak mendapat nutrisi lengkap dari sayur maupun dari daging ayam. Untuk membuat sup ayam yang enak tentu kaldu yang digunakan juga harus enak. 

Selain bisa menggunakan kaldu bubuk, anda juga bisa membuat kaldu sendiri yang tentu saja lebih sehat bagi anak-anak. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kaldu yang enak dan sehat untuk dikonsumsi terutama oleh anak-anak di masa pertumbuhan mereka. 


Tips Membuat Kaldu


Berikut adalah beberapa tips membuat kaldu yang enak dan sehat untuk keuarga anda : 

1. Pilih Bahan Terbaik

Untuk menghasilkan kaldu yang enak anda harus menggunakan bahan-bahan berkualitas. Anda bisa menggunakan tulang sumsum sapi untuk memasak kaldu yang enak. Selain itu, tulang sumsum sapi juga mengandung banyak lemak yang bisa membuat rasa kaldu menjadi lebih gurih. 

Namun, jika tidak ada tulang sumsum sapi, anda tetap bisa menggunakan tulang ayam. Pastikan bahan yang digunakan segar dan berkualitas sehingga aroma dan rasa kaldu akan semakin mantap. 

2. Dua Kali Rebus

Proses pembuatan kaldu perlu melewati dua kali perebusan. Perebusan pertama dilakukan untuk menghilangkan semua kotoran dan darah dari tulang. Setelah anda melihat air rebusan keruh dan di permukaannya terdapat banyak buih anda bisa langsung membuang air dan melakukan perebusan lagi. 

Perebusan yang kedua dilakukan untuk membuat kaldu itu sendiri. Perebusan kedua ini bertujuan untuk mendapatkan sari dari tulang ayam atau sapi dan juga untuk memperoleh lemak dari dagingnya. 

3. Masukkan Rempah

Untuk menghilangkan bau amis pada kaldu maka anda bisa menambahkan beragam rempah. Selain itu, rempah juga bisa membantu memperkuat rasa sehingga kaldu menjadi semakin nikmat. Aneka rempah yang bisa ditambahkan diantaranya adalah daun bawang, seledri, bawang bombay, jahe, dan lain sebagainya. 

4. Gunakan Api Kecil

Untuk memasak kaldu, anda lebih baik menggunakan api yang kecil. Memasak dengan api kecil bisa membantu memaksimalkan peluruhan sari dari tulang maupun daging. Selain menggunakan api yang kecil proses memasak kaldu juga perlu dilakukan dalam waktu yang cukup lama sekitar 1 hingga 3 jam dalam kondisi tertutup. 

5. Simpan Kaldu

Terkadang, anda membuat kaldu dalam jumlah yang cukup banyak untuk digunakan sebagai stok. Jika memang ingin menyimpan kaldu maka anda bisa menyimpan kaldu di dalam wadah yang kedap udara. Selanjutnya anda bisa menutup rapat wadah yang berisi kaldu tersebut dan menyimpannya di dalam freezer. 

Dengan metode ini anda tentu akan bisa menghasilkan kaldu yang enak dan sehat. Jika memang tidak ingin menyimpan kaldu sebagai stok maka anda bisa memasak dalam jumlah yang sedikit-sedikit sesuai dengan kebutuhan. Selain lebih hemat juga akan membuat kaldu selalu segar. 

Itulah tadi cara membuat kaldu yang baik dan benar. Anda bisa langsung mempraktikkannya di rumah karena caranya tergolong mudah. Pastikan anda menggunakan alat-alat yang steril dan jangan lupa pilih bahan yang segar.

Tips Membuat Kaldu yang Enak dan Sehat