Beragam Obat yang Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan, dari Generik Sampai Obat Alami


Tenggorokan kita sakit sebab radang? Radang tenggorokan memang menyebalkan, tapi tidak boleh asal pilih obatnya. Tidak seluruh obat ampuh mengobati radang tenggorokan, lho! Berikut opsi obat radang tenggorokan generik yang dapat Anda beli di apotek, dan obat alaminya yang barangkali sudah kita punya di dapur.

Pilihan obat guna radang tenggorokan di apotek

Obat radang tenggorokan generik dipisahkan dari penyebabnya. Radang tenggorokan sangat sering diakibatkan oleh infeksi bakteri. Tanda-tanda umumnya ialah muncul bercak putih pada amandel dan kelenjar di leher bengkak. Maka, obat guna radang tenggorokan ini ialah antibiotik penicillin atau amoxicillin yang diresepkan dokter.

Jika diakibatkan oleh virus, obatnya ialah pereda nyeri generik laksana ibuprofen atau paracetamol yang dapat Anda beli tanpa menebus resep dokter. Obat-obatan ini pun sekaligus meredakan batuk, pilek, dan demam yang seringnya menyertai radang.

Selain sebab infeksi, radang tenggorokan mungkin dapat disebabkan oleh masalah asam lambung laksana gastritis atau GERD. Maka, teknik mengobati radang tenggorokan ini ialah pakai antasida atau H2 blocker yang dapat mengurangi fenomena maag.

Radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh alergi. Jika radang Anda hadir setelah santap atau mencium pemicu alergi, maka obati dulu reaksi alerginya dengan obat antihistamin atau dekongestan. Ketika reaksi alergi mereda, gejala-gejala yang diakibatkannya pun bakal ikut menghilang.

Mengobati radang tenggorokan secara alami

Di samping pakai obat generik, kita juga dapat sekaligus mengobati radang tenggorokan dengan cara-cara alami guna mempercepat penyembuhannya.
Berkumur dengan air garam

Aduk rasa 1 sendok teh garam dalam 230 ml air hangat sampai larut. Kemudian, kumur dan tahan larutan ini dalam mulut sekitar 30 detik. Ulangi sejumlah kali dalam sehari andai perlu.

Garam menyerap air dalam mulut sampai-sampai dapat membunuh bakteri penyebab radang. Efeknya, tenggorokan pun akan terasa lebih lega.

Minum teh madu hangat

Seduh teh dan tambahkan 1 sdm madu guna melegakan tenggorokan Anda. Madu mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik yang bisa tolong membunuh bakteri penyebab radang.

Alternatifnya, Anda dapat pakai teh hijau. Teh hijau mempunyai sifat antibakteri yang powerful dan pun sumber antioksidan tinggi, yang dapat meredakan peradangan dengan lebih cepat.
Minum air putih

Ketika tubuh kehilangan tidak sedikit cairan, mulut bakal terasa kering. Hal ini bisa memperparah peradangannya. Maka, tidak sedikit minum air putih dapat jadi teknik mengobati radang tenggorokan yang ampuh. Di samping air putih, kita juga dapat makan sup hangat.

Beragam Obat yang Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan, dari Generik Sampai Obat Alami