4 Trik Ampuh Mencegah Kaki Lecet Akibat Pakai Sepatu Baru


Pakai sepatu yang sudah rusak dapat menyebabkan kaki Anda sakit. Namun, menggunakan sepatu baru juga dapat menyebabkan masalah yang sama. Memang serba salah, tapi Anda tidak butuh khawatir. Buat mencegah kaki lecet karena menggunakan sepatu baru maka gunakan plester khusus kaki dan simak tipsnya berikut ini. Siapa yang tidak suka menggunakan sepatu baru yang sejak lama jadi incaran? Masalah baru muncul ketika kaki lecet dibuatnya. 

Selain bikin tidak nyaman berjalan, lecet juga dapat terasa sakit dan perih bahkan hingga berdarah. Nah, buat mencegah hal tersebut, Merin Yoshida seorang podiatrik (ahli penyakit kaki) dan dokter kulit Rebecca Kazin, MD, memberikan tips agar Anda dapat bebas menggunakan sepatu baru tanpa lecet. 

1. Pastikan Memilih Sepatu yang Sesuai Ukuran 

Tahukah Anda bila ukuran kaki dapat berubah sewaktu-waktu? Sejalan bertambahnya umur dan berat badan, ligamen dan tendon (jaringan ikat yang melekat pada sendi) akan melonggar menyebabkan kaki Anda menjadi lebih lebar dan meregang. Tentu ukuran kaki Anda yang lama tidak akan sama dengan yang saat ini. Jadi, pastikan ukuran kaki Anda terlebih dahulu sebelum membeli sepatu, terutama ketika membeli sepatu lewat toko daring. 

2. Sepatu Baru Jangan Langsung Dipakai 

Sudah beli yang baru, Anda tentu tidak sabar lagi buat memamerkannya ke dunia. Sayangnya, langsung pakai sepatu baru setelah membelinya dapat membuat kaki gampang lecet karena kaki Anda butuh menyesuaikan diri dengan ukuran sepatu tersebut. Apalagi bila Anda membelinya dengan ukuran yang pas. Lalu harus bagaimana? 

3. Pakai Antiperspirant buat Kaki 

Kaki sering kali berkeringat. Semakin sibuk aktivitas keseharian Anda, semakin berkeringat kaki Anda. Keringat dapat membuat kaki lecet karena memfasilitasi gesekan antara kulit kaki dengan bahan bagian dalam sepatu. https://www.id.hansaplast.co.id/products/Foot-Care/Plasters-Pads/foot-plaster

4. Tempelkan Plester Luka Pada Kaki Anda Mencegah Kaki Lecet 

Bila Anda butuh segera pakai sepatu baru tersebut, tempelkan plester luka atau blister patch pada area kaki yang rentan bermasalah sebelum menggunakannya. Blister patch ialah plester khusus buat mencegah kaki lecet yang umum dijual di toko sepatu. 

Apalagi bila sisi kaki Anda yang paling rentan lecet, sebaiknya gunakan kaos kaki tipis yang hanya menutupi sisi kaki. 



4 Trik Ampuh Mencegah Kaki Lecet Akibat Pakai Sepatu Baru