Menguasai Kickdown Wajib Bagi Pengendara Mobil Matik


Memilih guna punya mobil bertransmisi matik, tidak boleh sampai luput teknik-teknik bikin mengendarainya. Sebab, karakternya bertolak belakang dengan mobil yang eksodus giginya secara manual.

Salah satu yang penting ialah kickdown. Teknik tersebut bisa bermanfaat buat menemukan tenaga yang lebih besar, pada ketika putaran mesin (rpm) pada posisi yang tinggi.

“Kickdown ialah turun gigi (downshift) di transmisi otomatis. Biasanya ini dipakai ketika hendak berakselerasi pada kecepatan standar atau saat hendak mendahului,” ujar Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC).

Di samping pada jalan datar, Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan mengatakan, kickdown juga dapat buat menghadapi tanjakan yang terjal sampai-sampai menghasilkan torsi yang besar. 

Jadi mobil tak kendala dan pengemudi tak bingung saat menghadapi medan jalan laksana itu.

“Perpindahan transmisi pada mobil matik mekanismenya sudah ditata oleh komputer. Jadi tak gampang terdeteksi oleh komputer atau transmisi tersebut sendiri, saat pengemudi sedang perlu power lebih, maka dari itu dipakai sistem kickdown (seolah mengingatkan komputer untuk menyerahkan tenaga lebih),” ujar Nurrahman.

Nah kemudian bagaimana teknik pengemudi untuk dapat melakukan kickdown?

Pertama ialah pastikan posisi tuas persneling di D. Kemudian lepas gas atau kendurkan injakan pada pedal gas, guna persiapan. 

Baru lantas ketika momennya pas, injak pedal gas secara spontan dan dalam-dalam.

Kemudian dari situ, akan diperoleh tenaga yang dibutuhkan, saat akan menanjak atau saat hendak menyalip kendaraan lainnya. 

Selamat mencoba!!

Menguasai Kickdown Wajib Bagi Pengendara Mobil Matik